Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sejarah Perkembangan Komputer Revolusi

Ichva Isma (T.Informatika)

I. Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin “computare”, yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi.   Dalam hal ini, komputer pertama yaitu sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika dasar. Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan melakukan perhitungan lebih cepat. Yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan lainnya hanyalah sebuah abstraksi dan angka-angka yang berderak didalam sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut “1” dan “0” yang mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar, suara, teks dan lainnya didalam komputer memiliki kode biner yang sesuai.

II. Sejarah Perkembangan Komputer

Pada perkembangan komputer sudah banyak sekali mengalami perubahan, sudah sebanyak 5 generasi yang mengikuti dalam perubahannya sejak tahun 1940.

a.Komputer Generasi Pertama (1940 -1950).

Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dancapacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya.  Yang diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang sudah mendukung input dan output dari IBM card.

Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk non-umu yaitu ABC (atanasoff-Berry Computer), ten British Colossus computers, german Z3, LEO, UNIVAC dan Harvaed Mark I.

b.Komputer Generasi keDua (1955-1960).

Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil. Komputer dengan transistor pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.

c.Komputer Generasi keTiga (1960)

Pada generasi ini sudah mulai menggunakan Integrated Circuit (IC) yang membuat ukuran komputer semakin mengecil sehingga sudah nyaman untuk digunakan. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.  Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

d.Komputer Generasi KeEmpat (1971)

Microchips berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebutmicroprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004.Munculnya microprocessor melahirkan evolusi dari microcomputer.  Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

Komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, peranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

e.Komputer Generasi keLima hingga Sekarang

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Dan Perkembangan komputer pada generasi ini sudah semakin canggih dan jauh lebih baik dari generasi-generasi sebelumnya.

 

Perbedaan Broadband dan Dial-Up

I. Pengertian Broadband dan Dial-Up

Broadband yang berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data.  Istilah, broadband mengacu pada koneksi bandwidth  internet. Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet.  transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada kecepatan, biaya dan ketersediaan. Yaitu :

  • Koneksi Internet Broadband ADSL dan SSL
  • Koneksi Internet Broadband Wireless
  • Koneksi Kabel Internet Broadband
  • Koneksi Internet Broadband Satelit

Dial-up adalah suatu jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap ataupun bergerak. Atau definisi dial-up yang lainnya yaitu merupakan sebuah istilah untuk menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon.Sedangkan syarat yang utama untuk melakukan koneksi dial-up harus ada modem. Modem merupakan perangkat keras yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau dapat juga sebaliknya. Beberapa contoh koneksi internet dial-up, misalnya seperti :

  • Menggunakan line telepon tertentu.
  • Koneksi dengan menggunakan handphoneyang memiliki fasilitas modem.
  • Bisa juga menggunakan modem USB (Universal Serial Bus)II. Kecepatan

Teknologi internet broadband secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Kecepatan transfer yang biasa dijanjikan oleh servis broadband sampai sekitar 128 kbps atau lebih. Teknologi broadband yang paling umum digunakan di Indonesia untuk menghubungkan koneksi internet untuk anda adalah teknologi DSL, teknologi cable dan fixed wireless. Masing – masing media memliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Dial-Up melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) akan menghubungkan kita ke ISP Telkom. Koneksi ke Dial-Up ini umumnya digunakan pribadi-pribadi yang ingin menghubungkan internet dari rumah. Komputer yang digunakan biasanya komputer tunggal (bukan merupakan jaringan komputer). Kecepatan akses internet menggunakan Dial-Up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 Kbps.

III.Ketersediaan

Karena keterbatasan teknologi, broadband tidak tersedia di semua area. Daerah terpencil seperti gunung atau daerah pedesaan sering tidak memiliki kerangka telekomunikasi untuk menawarkan broadband terestrial seperti kabel atau DSL, meskipun layanan satelit mungkin tersedia.

Sebaliknya, akses dial-up internet tersedia di mana pun ada telepon analog. Biaya tol mungkin berlaku ketika memanggil nomor jarak jauh akses.

IV. Biaya

Pada 2010, akses dial-up internet pada umumnya jauh lebih murah daripada akses broadband, mulai dari $ 9,99 per bulan.

Harga broadband dapat bervariasi tergantung pada jenis dan penyedia namun tingkat masuk kabel atau DSL memulai layanan pada $ 19,99 per bulan untuk layanan baik.

Perkembangan Teknologi dalam Bidang Administrasi Publik

I.Pengertian Administrasi Publik

Administrasi Publik (Inggris:Public Administration) atau Administrasi Negara adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif serta hal- hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

Jadi Teknologi Administrasi Negara adalah suatu alat yang digunakan dalam seluruh proses kegiatan suatu negara untuk menerima, menyimpan dan mengirimkan informasi melalui media tekhnologi informasi dan komunikasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

II. Perkembangan teknologi komunikasi dalam bidang administrasi pemerintahan

Electronic Government (e-Gov) adalah istilah yang diberikan kepada suatu pemerintahan yang mengadopsi teknologi yang berbasis internet yang dapat melengkapi dan meningkatkan program dan pelayanannya, aplikasi e-Gov telah digunakan sebagai sarana untuk memperbaiki manajemen internal dan meningkatkan pelayanan publik. Secara internal digunakan sebagai sistem pendukung dalam pembuatan keputusan dalam bentuk decision supporting system. Sedangkan dalam peningkatan pelayanan diwujudkan dalam bentuk otomatisasi pelayanan yang secara integral dihubungkan melalui media internet ataupun teknologi digital lainnya.  Di Indonesia, dirasakan adanya kebutuhan akan penerapan teknologi informasi dan teknologi komunikasi tersebut guna mencapai kualitas pelayanan prima kepada masyarakat, dismaping juga adalah guna tercapainya transparansi, akuntabilitas, partisipasi, efisiensi, koherensi dan daya guna lainnya yang dimungkinkannya.

  • Tujuan aplikasi Tekhnologi dalam Administrasi Negara  adalah :
  1. Memberikan berbagai jasa pelayanan kepada masyarakat secara lebih baik
  2. Memberikan akses informasi kepada publik secara luas
  • Dampak Perkembangan Teknologi dalam Administrasi Negara :

Dampak positif :

  1. Hilangnya batasan ruang dan waktu dengan adanya administrasi membuka peluang baru untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh.
  2. Kemudahan dalam melakukan pengolahan data dan menyelesaikan perhitungan yang rumit.

Dampak negatif :

  1. Secara tidak langsung perkembangan teknologi di bidang administrasi menghilangkan metode manual yang terdahulu
  2. Penggunaan TIK yang berlebihan akan membuat kecendrungan untuk menutup diri dari pergaulan.

 

Implementasi Teknologi Informasi dalam Teknik Informatika

I. Bisnis dan Informatika

     Bisnis informatika adalah wadah bagi para profesional TI  untuk bekerja sama dengan para instasi atau investor untuk mengimplementasikan hasil dari ciptaannya. Sehingga selain dapat mendatangkan keuntungan dari peluang usaha yang di jalankannya juga dapat menciptakan suatu hubungan yang dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menjadi salah satu alasan dari segi ekonomi dan pemicu timbulnya inovasi-inovasi bisnis baru yang dinamis pada industri perdagangan yang menyesuaikan dengan kebutuhan mayarakat yang menuntut perbaikan dari segi pelayanan atau proses transaksi yang lebih fleksibel, cepat dan efektif khususnya pada bidang pelayanan kesehatan yang pada prosesnya di dukung oleh media komputer sebagai pemenfaatan untuk memenuhi kebutuhan personal atau instasi-instasi yang bergerak di bidang telekomunikasi.

II.Deskripsi dari contoh Implementasi Bisnis Informatika

Contoh penerapan dari implementasi bisnis informatika adalah Smart card, yaitu salah satu contoh dari pengembangan teknologi informasi yang di implementasi ke dunia kesehatan. Dimana di dalamnya terdapat suatu sistem rekam medis fleksibel yang dapat di miliki masyarakat dalam memenuhi hak pelayanan kesehatan.

Pada dasarnya prinsip kerja Smart Card atau kartu pintar elektronik ini tidak jauh berbeda dengan pemakaian kartu kredit ( ATM ) yang banyak di gunakan bank. Dengan di dukung ketersediaan suatu memori penyimpan data komputer dengan chip microcontroller maka kartu ini dapat memproses segala data yang telah di simpan di sertai sistem keamanan dengan kata sandi atau kode akses atau pemilik yang pada umumya bersifat rahasia.

Selanjutnya contoh lain dari implementasi bisnis informatika yang ada saat ini adalah penggunaan “web” sebagai media pemasaran, misalnya web penjualan alat-alat rumah sakit seperti jarum suntik, infus, obat dan lain sebagainya. dan dengan menggunakan teknologi komputerisasi dalam pemasaran hasil produk yang di kelola olehnya.

Dalam E-business juga perlu kita perhatikan tentang sistem yang digunakan untuk mengelola hasil produksi yang akan dipasarkan menggunakan media web pada internet. dapat menarik investor untuk dapat bergabung dalam pengembangan usaha secara bertahap dari pengguna jasa E-business itu sendiri. Dengan demikian akan terjadi hubungan antar pelaku bisnis dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi.

 

Daftar Pustaka

 

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
  2. http://riheliza.blogspot.co.id/2014/09/revolusi-komputer_30.html
  3. http://ilmupengetahuan.org/sejarah-komputer-dan-perkembangannya/
  4. http://kutubuku.web.id/2461/perbedaan-antara-broadband-dan-dial-up-internet
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Kecepatan_akses_internet
  6. https://dewareyya.wordpress.com/2013/01/22/implementasi-bisnis-informatika-sistem-pelayanan-kesehatan-menggunakan-smartcard/

One thought on “Teknologi Informasi dan Komunikasi”

Leave a comment